Spek dan Tutorial Installasi QGIS

Tutorial Installasi QGIS 


Dikesempatan kali ini lengau akan berbagi sedikit ilmu tentang dasar dasar qgis. sedikit tentang QGIS, Software ini tentu tidak asing bagi anak geografis bukan?? software ini berfungsi untuk membuat sebuah peta atau denah lokasi tertentu, contohnya seperti peta kota jakarta, atau bisa digunakan untuk membuat seberapa banyak jumlah cabang perusahaan di satu kota, ya yg seperti itulah kira kira contohnya :D

Sebelum melakukan instalasi ada baiknya rekan rekan memperhatikan minimum requirement untuk dapat menggunakan aplikasi Qgis ini.
berdasarkan pengalaman pribadi aplikasi ini dapat dijalan di laptop dengan
1. Processor core 2 duo
2. Memory 4 GB DDR4 
3. Hdd 320 GB

Tapi ya jika aplikasi QGIS dijalankan berbarengan dengan aplikasi berat lainnya maka dia akan membuat performan laptop atau komputer kalian lambat. Admin rekomendasikan untuk menggunakan spek yang lebih tinggi  contoh processor core i 5 atau amd ryzen ditambah memery 6 atau 8 GB udh lebih dari cukup agar aplikasi Qgis kalian dapat berjalan dengan lancar.

Lanjut kali ini lengau akan memulai dengan berbagi cara instal software QGIS ini. bagi yang belum punya bisa download di situs resmi qgis atau bisa melalui link ini http://www.qgis.org/en/site/forusers/download.html
Lengau rekomendasikan menggunakan spesifikasi laptop atau komputer sesuai dibawah ini
1.Memory RAM 2GB DDR3
2.Processor core 2 duo ke atas
3. HDD min 500gb

Langkah awal setelah selesai donwload
1. Double klik Installernya
2. Klik next
3. Klik Agree
4. Pilih lokasi dimana QGIS akan di tempatkan, klik browse setelah dipilih klik next atau bisa langsung klik next tanpa memilih lokasi.
installasi qgis


5. kemudian langsung klik install dan tunggu hingga proses installasi selesai

untuk lebih jelasnya lihat video dibawah ini


silahkan bertanya dan meninggalkan komentar di kolom diskusi dibawah ini






Komentar

Posting Komentar

Jika ada link yang mati atau terdapat kesalahan dalam menyempaikan mohon disampikan dikolom komentar.
Terimakasih