Tips Mencari Jurnal atau Bahan Penelitian

Hai para pejuang skripsi selamatt datang kembali ke blog sederhana ini. This time saya akan sharing beberapa tips dari pengalaman pribadi saya "bagaimana jika jurnal atau bahan yang kita butuhkan tidak ada pada sistem pencari seperti google schoolar dkk". Jika kalian belum tau apa itu google schoolar kalian bisa baca artikel saya sebelumnya disini ya

1. Portal jurnal online kampus

Setiap kampus pasti memiliki sebuah portal untuk mempublikasikan karya ilmiah dari para mahasiswa/i mereka. Ini bisa kalian manfaatkan dengan mencari jurnal pada portal atau sistem masing-masing kampus. Jika bingung dengan kampus yang mana, kalian bisa mulai dengan kampus ternama di negeri ini seperti UGM, ITB, UI, UNPAD dan kampus kampus lainnya. 
Cara mengkasesnya kalian tinggal buat di mbah google, judul atau tema jurnal (nama kampus) enter
contoh  analisis pengaruh game online terhadap psikis anak dibawah umur jurnal UGM (enter)

2. Jurnal Internasional

Cara yang kedua adalah dengan memanfaatkan jurnal dari luar negeri (internasional), saya sangat menyarankan menggunakan jurnal internasional ini, karena nilainya akan sangat kuat untuk penelitian kalian. Memang akan sedikit sulit bagi kalian yang belum bisa bahasa inggris tapi tenang sekarangkan sudah ada google translate yang akurasinya sudah lumayan bagus. salah satu situs penyedia jurnal internasional adalah IEEE, yap kalian benar jurnal yang ada pada situs ini berbayar, but tenang sudah ada cara jailnya untuk mendapatkan jurnal pada situs IEEE ini dengan gratis. caranya sudah banyak bertebaran di google kalian ketikan saja keyword "cara mendonwload jurnal ieee secara gratis". atau pada postingan berikutnya akan saya share caranya ..

3. Buku

Selain jurnal referensi lain yang bisa kalian manfaatkan adalah buku. Kalian bisa memanfaatkan perpustakaan kampus, atau pergi ke perpustakaan di wilayah kalian. Jika kalian tidak menemnukan buku yang kalian butuhkan di perpustakaan, kalian bisa mencarinya di toko buku atau memesannya secara online (Duit keluar :v).

Jika tidak ada juga maka perbanyaklah istigfar (bagi muslim) siapa tau ada perbuatan atau perkataan kalian yang menyakiti hati orang lain sehingga langkah kalian jadi sulit hehehe. 

Bagian tersulit dalam menyusun skripsi adalah mencari bahan yang sesuai dengan topik penelitian kita. jangan lupa makan, ibadah biar ga strees elu hahaha :)

Komentar

Posting Komentar

Jika ada link yang mati atau terdapat kesalahan dalam menyempaikan mohon disampikan dikolom komentar.
Terimakasih